Contoh Makalah yang Baik dan Benar serta Cara Membuatnya

Berikut ini adalah beberapa contoh makalah yang baik dan benar serta cara membuatnya lengkap dengan struktur dan contohnya.

cara dan contoh membuat makalah

Makalah dalam dunia pendidikan adalah suatu hal dasar yang harus dipahami, mulai dari strukturnya yang harus kita ketahui untuk memulai membuatnya.

Ada hal dimana seorang siswa atau mahasiswa ia tidak tahu bagaimana cara membuat makalah itu sendiri, mungkin karna ia tidak punya contoh makalah sebagai bahan referensi atau bisa saja ia tidak tahu dimana iya harus memulainya.

Dan bagi kalian yang kasusunya sama seperti yang saya sebutkan diatas, bisa memperhatikan secara rinci di artikel ini. Karna pada artikel ini saya akan memberikan kalian contoh makalah yang baik dan benar serta bagaimana struktur yang rapi untuk membuatnya.

Apa Itu Makalah?

Dikutip dari quipper, makalah ialah sebuah karya ilmiah yang membahas sebuah permasalahan dan pembahasannya berdasarkan analisis secara objektif yang ditulis oleh seseorang atau kelompok.

Makalah biasanya dipresentasikan dalam perkuliahan, seminar, ataupun simposium.

Dalam penyusunannya, makalah dibuat dengan menggunakan bahasa baku disertai istilah-istilah keilmuan bergantung bidang ilmu tertentu.

Data yang digunakan dalam makalah bersifat empiris-objektif sehingga pemaparannya jauh dari sudut pandang subjektif dari penulisnya atau kelompok yang menyusunnya.

Jenis-Jenis Makalah

Ada empat jenis makalah yang saya kenali dalam dunia pendidikan, diantaranya:

Makalah Deduktif

Makalah deduktif adalah makalah yang berdasarkan pada sebuah kajian teoritis dan relevan dengan permasalahan yang dibahas.

Makalah Induktif

Makalah ini merupakan suatu makalah yang ditulis berdasarkan data yang empiris dan bersifat objektif dan berdasar pada apa yang di peroleh dari lapangan.

Makalah Kajian

Makalah kajian adalah makalah yang biasanya digunakan sebagai sarana pemecahan suatu permasalan yang kontroversial, dan biasanya digunakan pada kejadian yang terdekat dengan kita.

Makalah Kerja

Makalah kerja merupakan makalah yang dibuat dari hasil penelitian, dan memungkinkan penulis untuk berargumentasi dari suatu permasalahan yang dibahas dan didapatkan dari proses penelitian tersebut.

Struktur & Contoh Makalah

Makalah disusun berdasarkan beberapa struktur. Secara umum, struktur tersebut di antaranya adalah:

Sampul/Cover

Sampul atau biasa disebut cover ini berisikan judul makalah, logo instansi atau lembaga tempat makalah itu dibuat, nama penulisnya, tempat pembuatan makalah, dan bulan serta tahun pembuatannya.

Fungsi dari sampul ini sendiri sebagai awal bentuk dari makalah. Jadi, pembaca bisa mengetahui topik yang dibahas, lembaga apa yang menerbitkan, siapa penulisnya, dan di mana dan kapan makalah itu dibuat.

contoh cover/sampul makalah
Contoh cover/sampul makalah

Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan bagian yang mutlak dan harus ada di setiap karya tulis ilmiah seperti makalah ini.

Sesuai dengan namanya, kata pengantar adalah sebuah pengantar agar pembaca memiliki pandangan umum terhadap makalah yang kalian buat.

contoh kata pengantar makalah
Contoh kata pengantar makalah

Untuk lebih detailnya lagi, kalian bisa melihat contoh kata pengantar yang pernah saya bahas di web ini sebelumnya.

Daftar Isi

Umumnya daftar isi berisikan poin-poin penting yang terdapat di dalam makalah. Fungsi dari daftar isi ialah untuk memudahkan pembaca mencari poin penting yang ingin dibaca.

Contoh daftar isi makalah
Contoh daftar isi makalah

Pendahuluan

Ada 3 tiga sub bab yang harus ada dalam sebuah makalah yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan makalah ini dibuat.

Latar Belakang

Latar belakang biasanya didasari dengan sebuah anekdot pertanyaan seperti mengapa kalian memilih membahas topik tersebut, untuk apa kalian melakukan penelitian tersebut, dan apa yang membuat kalian ingin menyelesaikan masalah tersebut.

contoh latar belakang makalah
Contoh latar belakang makalah

Rumusan Masalah

Rumusan masalah umumnya di isi dengan beberapa pertanyaan mengenai apa yang ingin kalian jelaskan nantinya di bagian pembahasan.

Pertanyaan biasanya terdiri dari 2 boleh lebih. Akan tetapi, kadangkala ada dosen atau guru yang meminta rumusan masalah harus terdiri 3 atau lebih.

contoh rumusan masalah makalah
Contoh rumusan masalah makalah

Tujuan

Di dalam isi dalam tujuan masalah, berisi tentang tujuan dibuatnya makalah tersebut.

Tujuan tersebut digunakan sebagai bahan untuk menggambarkan secara rinci untuk manfaat dari pembuatan makalah tersebut.

contoh tujuan makalah
Contoh tujuan makalah

Pembahasan atau Isi Makalah

Pada bagian ini terdapat pembahasan atau isi dari topik permasalahan yang telah diangkat dibagian rumusan masalah.

Biasanya pada bagian ini terdapat landasan teori, uraian materi, serta solusi apa saja yang dapat diberikan untuk menyelesaikan dalam sebuah permasalahan.

contoh pembahasan atau isi makalah
Contoh pembahasan atau isi makalah

Penutup

Umumnya pada bagian penutup terdiri dari kesimpulan, saran, daftar pustaka, dan lampiran. Akan tetapi, kadangkala pada bagian makalah biasanya tidak butuh yang namanya lampiran.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat dibawah ini:

Kesimpulan

Pada bagian kesimpulan isinya yang pasti ialah kesimpulan penelitian dari makalah yang kalian buat.

Dalam bagian kesimpulan, kalian akan membuat apa hasil dari penelitian yang kalian buat dalam makalahnya.

contoh kesimpulan makalah
Contoh kesimpulan makalah

Saran

Pada bagian saran, umumnya ditujukan untuk para pembaca makalah tersebut.

Untuk isinya sendiri, paling tidak harapan penulis kedepannya bagaimana makalah tersebut dapat membantu pembacanya atau ada hal-hal yang ingin dikritik agar nantinya bisa diperbaiki.

contoh saran makalah
Contoh saran makalah

Daftar Pustaka

Daftar pustaka pastini berisikan tentang berbagai referensi yang digunakan dalam membuat makalah untuk menganalisis atau mengupas topik permasalahn.

Referensi sendiri bisa berasal dari buku, majalah, website, laporan, wawancara, dan lain sebagainya.

contoh daftar pustaka makalah
Contoh daftar pustaka makalah

Cara Membuat Makalah

Ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam membuat makalah, diantaranya:

Mencari Masalah yang Terjadi di Sekitar Kalian untuk Menentukan Topik Pembahasan

Saya bisa katakan judul akan sulit tercipta jika masalah belum ada, ini penting kalian perhatikan dalam membuat makalah karna bisa saja kita punya judul akan tetapi, kita tidak tahu apa nantinya isi pembahasan atau kita tidak bisa menemukan sumber informasi.

Menentukan Judul Makalah

Setelah kalian telah menemukan masalah yang ingin kalian bahas, kalian bisa merangkum judul makalah kalian.

Sebagai contoh rumusan masalah kalian isinya, fasilitas pendidikan di indonesia kurang memadai. Nah, dari situ kalian bisa mengambil judul seperti pengaruh fasilitas pendidikan dalam meningkatkan lulusan yang berintegritas studi kasus universitas islamisasi.

Mengumpulkan Sumber Referensi Makalah

Ketika kalian sudah punya masalah dan punya judul makalah yang ingin dibahas, saya yakin kalian sudah sangat mudah untuk mengumpulkan sumber referensi kalian.

Sumber referensi sendiri bisa dari hasil wawancara, dokumen tempat meneliti, atau sumbernya bisa melalui online seperti blog, jurnal, makalah, atau apapun itu bentuknya yang bisa dijadikan bahasa referensi untuk membantu membuat makalah.

Kesimpulan

Akhir dari artikel ini saya berharap kita dapat berinteraksi baik melalui kontak email bisa juga dengan kolom komentar dibawah ini.

Sekian dari saya semoga membantu, dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Kebijakan berkomentar: Komentar disambut dan didorong. Namun, semua komentar dimoderasi secara manual dan yang dianggap sebagai spam atau hanya bersifat promosi akan dihapus.